Ciri-ciri Newsletter
Suatu media media
pasti memiliki ciri-ciri tersendiri. Newsletter
sendiri pun memiliki ciri-ciri diantaranya :
a.
Berisi informasi atau berita yang sesuai dengan minat pembacanya (anggota perusahaan/ organisasi/ lembaga/ komunitas lainnya). Seperti yang kita tahu, newsletter berfungsi untuk menawarkan
jasa atau barang dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, pihak perusahaan
harus mengerti seberapa besar minat pembeli terhadap barang/jasa yang dimiliki
perusahaan tersebut sehingga informasi-informasi yang ditampilkan dalam newsletter sesuai dengan minat
pembacanya.
b.
Berisi informasi mengenai kegiatan perusahaan/ organisasi/ lembaga/ komunitas lainnya
Di dalam newsletter berisi berbagai
informasi ataupun kegiatan perusahaan atau organisasi. Informasi yang disajikan
didalam newsletter bisa berupa kegiatan diluar perusahaan,
prestasi karyawan, dan informasi-informasi penting terkait perusahaan semua
tercantum secara ringkas di dalam newsletter
ini.
c.
Informasi yang disajikan bersifat ringan, mudah dibaca, dan mudah
dimengerti. Dalam menyajikan informasi
kepada konsumen, newsletter ini
ditulis secara rinci dan singkat dengan menggunakan bahasa yang mudah
dimengerti dan dipahami oleh pembacanya.
d.
Profil pegawai
Profil pegawai
berfungsi untuk menambah keyakinan pembaca untuk membeli barang atau jasa yang
dimiliki sebuah perusahaan. Profil pegawai ini dipercaya sebagai bentuk
testimoni yang membuat pembeli menjadi ingin membeli barang/jasa perusahaan
tersebut.
e.
Berupa lembaran, 1
lembar atau 2 lembar
Tidak seperti majalah ataupun media cetak lainnya, newsletter ini memiliki sedikit halaman hanya sekitar 1 sampai 2
halaman.
f.
Desainnya menarik dan penuh warna
Desain yang disajikan didalam newsletter
dibuat dengan semenarik mungkin agar menarik peminat pembacanya. Biasanya
sebagian orang yang ingin membaca
sesuatu pasti dilihat dari desainnya terlebih dahulu baru isi.
g.
Banyak foto kegiatan perusahaan/ organisasai/
lembaga/ komunitaslainnya
Tak hanya berita yang disajikan didalam newsletter,
perlu juga diberi berbagai foto kegiatan agar newsletter yang dibuat tidak terlalu monoton atau membosankan. Dan
pembaca juga bisa mengetahui suasana dari kegiatan tersebut melalui foto-foto
yang disediakan.
h.
Penerbitannya berkala
Newsletter berbeda dengan berita. Berita
mampu memperbaharui isi atau kontennya setiap hari. Namun, berbeda dengan newsletter. Isi atau konten dari newsletter bisa jadi
sama karena fungsinya. Oleh karena itu, newsletter
diterbitkan secara berkala untuk mempersempit kebosanan pembaca.
Jenis-Jenis Newsletter
Ada beberapa jenis dari newsletter yang membedakan anatara satu dengan yang lain. Beberapa jenis newsletter antara lain :
Ada beberapa jenis dari newsletter yang membedakan anatara satu dengan yang lain. Beberapa jenis newsletter antara lain :
a.
Staff Newsletter
Sarana yang efektif untuk membina hubungan dan berbagai
informasi antara anggota organisasi yang mempunyai anak cabang yang berbeda
maupun kegiatan di luar daerah maupun negeri.
Fungsi staff
newsletter :
1) Providing Information (menyediakan informasi)
1) Providing Information (menyediakan informasi)
2)
Reinforcing training
3)
Recognizing performance
Di dalam jenis newsletter
ini, berisi tentang:
-
Kebijakanatauprosedurbaru
-
Pengembanganmaupuninovasiprodukataujasa
-
Pengumumanulangtahun,
pernikahandankelahiran
-
Promosi
-
Berita-beritaolah
raga dansosial
-
Kontribusidarikaryawan
Customers newsletter merupakan sarana untuk menjaga hubungan antara organisasi atau perusahaan dengan pengguna produk atau jasa perusahaan.
Di dalam Customers Newsletter terdapat :
-
Informasi produk/ jasa baru
-
Program-program
penjualan khusus
-
Informasi harga produk/ jasa,
kegiatan-kegiatan perusahaan yang terkait dengan konsumen
-
Bakti sosial
-
Pengumuman-pengumuman perusahaan
-
Promosi
No comments:
Post a Comment