Pengertian
Teks Iklan
Teks
iklan adalah tulisan sebagai media promosi yang efektif guna memberitahukan
kepada khalayak ramai tentang suatu barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan
dengan daya jangkau konsumen secara luas. Secara sederhana, pengertian teks
iklan ini
merupakan suatu pesan yang isinya berupa penawaran suatu produk yang ditujukkan
oleh suatu masyarakat melalui suatu media. Namun, dalam keseharian iklan lebih
identik dengan produk komersial yang berbeda dengan iklan pengumuman biasa.
Biasanya dalam sebuah teks iklan, produsen akan membuat teks iklan yang sangat
menarik. Tujuannya agar masyarakat umum atau konsumen tertarik dan bersedia
untuk membeli maupun menikmati barang atau jasa yang ditawarkan.
Ketika
konsumen tertarik terhadap teks iklan yang ditawarkan, maka penjual barang atau
jasa tersebut akan memperoleh keuntungan dari hasil pembelian seorang konsumen.
Berbagai macam produk barang dan jasa dapat ditawarkan dalam teks iklan. Teks
iklan harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen atau masyarakat umum. Ketika
produsen menjual produk yang tidak memiliki manfaat bagi masyarakat, maka
produk tersebut akan gagal dipasaran.
Teks iklan
dapat kita jumpai diberbagai macam media, salah satunya adalah media massa.
Media massa sebagai media cetak yang menampilkan berbagai macam iklan yang
dapat bermanfaat bagi masyarakat umum atau konsumen. Teks iklan yang muncul
pada media massa merupakan alternatif pilihan untuk menampilkan teks iklan
selain pada media elektronik yang sering kita jumpai.
Struktur
Teks Iklan
Teks iklan memiliki tiga struktur
yang harus diperhatikan ketika menyusun teks iklan. Struktur tersebut yaitu
sebagai berikut:
1.
Judul.
Judul merupakan
bagian terpenting dalam teks iklan. Pada umumnya, judul diletakkan pada bagian
atas. Konsumen atau pembaca pertamakali akan melihat judul dari iklan tersebut
terlebih dahulu. Maka dari itu judul yang dibuat harus dapat terlihat jelas
sehingga konsumen atau pembaca dapat tertarik dengan iklan yang ingin
disampaikan.
2.
Nama
Produk atau Jasa.
Nama produk atau
jasa berfungsi untuk mengenalkan barang atau jasa pada konsumen. Tujuannya agar
pembaca atau konsumen mengetahui dan memahami tentang nama dan jenis barang
atau jasa yang ditawarkan oleh produsen.
3.
Penjelasan
Produk.
Penjelasan
tentang produk ini memuat deskripsi produk yang ingin diiklankan oleh produsen.
Deskripsi tentang produk ini meliputi spesifikasi produk, cara mendapatkan
produk iklan yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
Ciri-ciri Kebahasaan Teks Iklan
1.
Menggunakan
Slogan.
Ciri teks iklan
yang pertama adalah mengandung bahasa slogan. Slogan merupakan sekumpulan kata
atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan suatu
maksud tertentu. Pada umumnya slogan terdiri dari empat hingga lima kata yang
mudah diingat. Tentunya, setiap slogan harus memiliki daya tarik yang kuat
sehingga pesan yang dimaksud dapat sampai pada sasaran.
Dalam sebuah
iklan, slogan merupakan pernayataan atau susunan kata tertentu yang secara
singkat menjelaskan tentang produk atau jasa yang dapat mudah diingat oleh
konsumen. Slogan merupakan hal yang sangat penting dalam dunia periklanan.
Dengan slogan, iklan dapat mudah diingat oleh konsumen. Maka dari itu,
kata-kata dalam slogan iklan haruslah kreatif dan tidak ketinggalan zaman agar
masyarakat atau konsumen semakin mudah mengingatnya. Penggunaan slogan yang
berhasil dapat diamati dari seberapa jauh masyarakat mengenal dan mengingat
slogan tersebut. Slogan dikatakan berhasil ketika hanya dengan mendengar atau
melihat slogannya, konsumen dapat mengenali produk apa yang menggunakan slogan
tersebut pada ikalan.
2.
Menggunakan
Kalimat Persuasif.
Kalimat
persuasif juga merupakan ciri khas utama dalam teks iklan. Kalimat
persuasifadalah kalimat yang isinya bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan akan
suatu hal. Contoh kalimat persuasif yang sering disertakan dalam suatu produk
misalnya: “murah, cepat dan handal”, “beli rumah gak pake mikir, tanpa dp,
tanpa syarat ribet”, “produk yang direkomendasikan oleh jutaan dokter mata
diseluruh dunia”.
3.
Menggunakan
Subjek Orang Pertama.
Teks iklan
umumnya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak. Mislanya kata aku,
saya, dan kami. Subjek orang pertama ini digunakan untuk mengganti pihak atau
instansi pemasang iklan.
Fungsi Teks
Iklan
1.
Sebagai informasi
Pada fungsi ini, teks iklan berperan untuk memberikan informasi pada
khalayak umum mengenai barang atau jasa yang ditawarkan. Informasi yang
diberikan pada pembaca akan menjadikan pembaca memahami tentang maksud dari
barang dan jasa tersebut ditawarkan pada mereka.
2.
Sebagai persuasi
Pada fungsi ini, teks iklan berperan untuk mengingatkan khalayak atau
konsumen mengenai produk-produk tertentu supaya dapat menggunakan sealu
produk-produk yang diiklankan tersebut.
3.
Sebagai reminder atau pengingat
Pada fungsi ini, suatu fungsi dapat mengingatkan
khalayak umum mengenai produk-produk yang diiklankan tersebut.
No comments:
Post a Comment